/div> /div>

Minggu, 03 September 2017

6 HAL YANG DIHARAPKAN KONSUMEN KETIKA BERBELANJA ONLINE

Data dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di medio 2016 menyatakan bahwa setidaknya hingga saat ini total jumlah konsumen e-commerce di Indonesia mencapai 26,2 juta orang, dalam kurun waktu 10 tahun (2006-2016), jumlah e-commerce di Indonesia meningkat sekitar 17%. WinMarket sendiri mulai ikut meramaikan pasar e-commerce Indonesia sejak 2016.

Sejak awal tren usaha digital ini masuk ke ranah ekonomi Indonesia hingga sekarang, tantangan yang dihadapi untuk memenuhi kepuasan konsumen tetaplah sama. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan terhadap perilaku konsumen e-commerce di akhir 2016 lalu, kepraktisan, kualitas produk, harga, diskon dan promosi, pengiriman, dan pembayaran menjadi ekspektasi konsumen ketika berbelanja online. Keenam poin ini bisa menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pelaku bisnis online yang apabila bisa dipenuhi, maka kepuasan pelanggan berujung dengan kesetiaan berbelanja di online platform bisa didapatkan.

WinMarket hendak berbagi infomasi dan tips berdasarkan hasil survey yang dilakukan kepada 1.000 orang dari rentang usia 20-45 tahun, yang rutin mengakses internet dan juga melakukan belanja online selama 3 bulan terakhir. Berikut hasil survey yang didapatkan:

1. Kepraktisan
Sebanyak 40% responden menyatakan bahwa yang mereka harapkan dengan berbelanja online adalah kepraktisan (easier shopping). Pengalaman belanja yang tidak ribet di aplikasi atau web, menjadi salah satu faktornya. Rasa praktis ini dimulai sejak konsumen mengetik alamat e-commerce yang hendak dituju, hingga akhirnya dia selesai melakukan pembayaran.

2. Produk
Karena pembeli hanya bisa melihat barang belanjaan mereka melalui gambar dan keterangan yang dipasang di halaman toko, maka pembeli hanya bermodal keyakinan dan kejujuran penjual hingga akhirnya mereka memutuskan untuk berbelanja. Dengan demikian, penting sekali menyediakan produk dengan kualitas terbaik dan benar-benar sesuai dengan deskripsi yang dipajang di halaman toko. Di sisi lain, banyaknya variasi produk juga menjadi pancingan untuk pembeli dalam berbelanja. Poin ini disetujui oleh sebanyak 33% responden.

3. Harga
Sebanyak 33% pembeli berharap bisa berbelanja dengan harga lebih terjangkau di toko online. Untuk itu, memberikan harga yang terjangkau kantong pembeli, menjadi magnet lain yang tidak kalah kuat untuk menarik pembeli. Namun demikian, banyak juga pembeli yang tidak serta merta langsung berbelanja walaupun harga yang diberikan oleh toko online tersebut sangatlah murah. Salah satu kebiasaan pembeli adalah melakukan perbandingan antara toko online yang satu dan yang lain, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk berbelanja.

4. Diskon dan promosi
Tidak bisa dipungkiri bahwa di belahan dunia manapun, diskon dan promosi selalu diminati oleh banyak orang. Demikian juga 25% responden survey ini. Berbagai diskon promo selalu menjadi alasan mereka untuk berbelanja online.

5. Pengiriman
Pengiriman menjadi faktor yang paling sulit dikontrol oleh pebisnis online karena ada keterlibatan pihak ketiga, yakni logistic partner sebagai penyedia jasa pengiriman. Di sisi lain, demografi Indonesia yang merupakan negara kepulauan menjadi tantangan tersendiri terutama dalam menjangkau daerah-daerah terpencil. Maka menjadi sangat penting bagi pebisnis online untuk menjalin kerjasama dan kepercayaan dengan perusahaan logistik. Pengiriman cepat dan gratis menjadi harapan 14% responden dalam berbelanja di online platform.

6. Transaksi dan pembayaran
Poin terakhir yang sangat perlu diperhatikan oleh pebisnis online adalah tentang sistem pembayaran. Sebanyak 14% responden menyatakan bahwa dengan berbelanja online mereka berharap bisa melakukan pembayaran yang aman, cepat, mudah, dan bervariasi. Perlu diingat, jumlah masyarakat di Indonesia yang sudah menyimpan uangnya di bank baru mencapai 34,8%. Angka tersebut masih jauh lebih rendah dibandingkan negara tetangga lainnya di Asia Tenggara yang sudah mendekati angka 50%. Dengan demikian, pelaku e-commerce perlu cermat menyediakan sistem pembayaran yang bisa digunakan oleh banyak masyarakat, baik yang sudah memiliki rekening bank maupun tidak.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online Label:

Agen Resmi Pembayaran Online PPOB REJOAGUNG