Apakah Anda telah masih menggunakan listrik pascabayar? Atau sudah beralih menggunakan listrik prabayar? Keduanya menjadi pilihan bagi setiap rumah untuk memenuhi kebutuhan listrik. Saat ini sudah banyak masyarakat yang beralih dengan menggunakan listrik prabayar dimana sebelumnya mereka menggunakan listrik pascabayar. Di sisi lain, masih banyak pula masyarakat yang tetap bertahan menggunakan listrik pascabayar dengan alasan yang beragam, mulai dari keengganan untuk mengeluarkan biaya penggantian alat, kebingungan sistem prabayar, dan masih banyak lagi.
Pemerintah lewat Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggalakkan sistem pembayaran listrik prabayar. Sistem ini dianggap membantu masyarakat menghemat pengeluaran. Sebelum menggunakan sistem prabayar, perumahan di Indonesia menerapkan sistem pascabayar. Di mana penghuni akan menerima tagihan listrik pada akhir bulan, sesuai energi yang dipakai. Dengan sistem prabayar, penghuni rumah bisa mengetahui besarnya pemakaian dan mengatur sendiri kebutuhannya.
Namun, sudahkah Anda tahu perbedaan penggunaan listrik prabayar dan pascabayar? Biar lebih mantap dalam memilih salah satu diantara keduanya, yuk cari tahu perbedaan keduanya berikut ini:

Listrik Prabayar

Listrik prabayar adalah listrik yang pembayarannya berada di awal, yaitu dengan sistem pulsa. Listrik prabayar juga biasa disebut dengan listrik pintar. Dimana pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listrik sendiri. Alat meteran listrik pun tidak lagi berbentuk analog, melainkan digital yang dapat Anda gunakan untuk memasukan kode pengisian listrik. Sistemnya dibuat seperti membeli pulsa prabayar telepon genggam agar dapat memudahkan Anda. Kelebihan lain dari listrik prabayar ini, Anda tidak perlu khawatir akan biaya keterlambatan yang menghantui.
Anda tidak perlu cemas terkait harga voucher stroom (listrik pintar). Hal ini dikarenakan harga bervariasi sesuai dengan kamampuan dan kebutuhan Anda (daya listrik Anda). Lalu, apabila ada kenaikan Tarif Daya Listrik (TDL), pada listrik prabayar tidak akan berpengaruh. Maksudnya, kWh yang telah masuk ke meter prabayar tidak ikut naik.
Kelebihan Listrik Prabayar
  • Pelanggan bisa mengontrol pemakaian listrik setiap hari.
  • Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja.
  • Tidak akan terkena biaya keterlambatan.
  • Jaringan luas pembelian listrik isi ulang, bisa dibeli di loket pembayaran listrik online.
  • Tepat digunakan bagi Anda yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa (kos).
  • Tidak akan terjadi kesalahan pencatatan meteran listrik oleh petugas.
  • Sistem rahasia, 20 angka digit pulsa listrik hanya bisa diisi ke meteran listrik sendiri, tidak bisa diisikan ke meteran lain.
Kekurangan Listrik Prabayar
  • Jika pulsa listrik habis di waktu yang tidak terduga Anda harus siap voucher cadangan, Bisa saja saat membutuhkan listrik pulsa habis dan listriknya mati. Tetapi ada alarm pemberitahuan ketika listrik tinggal 10 kwh.
  • Sering bermasalah saat akan mengisi ataupun membeli, banyak kasus jaringan internet sedang down, maka Anda harus menunggu sementara listrik di rumah Anda sudah mati.
  • Meteran lebih sensitif dan mudah rusak.

Listrik Pascabayar

Listrik pascabayar adalah listrik yang pembayaran tagihannya pada akhir bulan sesuai dengan energi yang digunakan. Meteran listrik pascabayar masih menggunakan alat analog yang menunjukkan besarnya daya yang telah digunakan. Pembayaran listrik pascabayar dapat dilakukan melalui bank, loket pembayaran dengan biaya admin yang dibebankan sebagai biaya jasa pembayaran tagihan listrik.
Kelebihan:
  • Listrik selalu tersedia sampai tenggat waktu pembayaran di akhir bulan
  • Tidak repot melakukan isi ulang pulsa listrik / token listrik jika sewaktu-waktu kehabisan listrik
Kelemahan:
  • Pemakaian bisa melampaui batas
  • Bila ada penunggakan listrik akan terdapat denda dan bahkan dipadamkan oleh PLN.
  • Melanggar privasi, karena petugas PLN kerap masuk ke pekarangan rumah.
Itulah keunggulan dan kelemahan dari penggunaan listrik prabayar dan pascabayar yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya. Selain mempelajari perbedaan listrik prabayar dan pascabayar, Anda juga bisa menjalankan bisnis dari penggunaan listrik lho. Bagaimana caranya? Jadilah agen pembayaran listrik pascabayar maupun berjualan token listrik prabayar. Semua itu dapat Anda wujudkan hanya dengan menggunakan Fastpay. Nikmati 8 layanan bisnis lengkap hanya dalam satu genggaman dengan komisi yang pasti menguntungkan. Tunggu apa lagi? Bergabunglah dengan Fastpay sekarang juga di sini.

Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI
peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya!